Sabtu, 14 Juni 2014

Buku Terlaris di Dunia sepanjang sejarah

Daftar Buku-Buku Terlaris di Dunia sepanjang sejarah.
 
Tak terhitung jumlah buku yang telah dicetak dan dibaca oleh orang-orang di dunia. Dari banyak buku tersebut, ada judul-judul yang mampu menarik khalayak ramai sehingga menjadikannya buku terlaris di dunia. 

Berikut ini adalah daftar buku terlaris di dunia seperti dikutip dari berbagai sumber Daftar ini tidak menyertakan buku-buku religius dan ideologi seperti Alquran, Alkitab, buku tulisan Mao Zedong ataupun Hitler. Buku-buku itu sering disebut sebagai buku terlaris di dunia, namun tidak ditemukan data penjualan yang valid sebab banyak buku yang diberikan secara gratis. 

1. A Tale of Two Cities 

Berkisah tentang pengorbanan seorg lelaki yg mencintai wanita meski hrs mengorbankan nyawanya. A Tale of Two Cities yang berlatar belakang Revolusi Perancis. Namun lbh mengangkat mengenai tokoh2 yg menderita akibat revolusi itu sendiri. tentang Dokter Alexandre Manette yang di penjara di Bastille karena mencoba menolong 1 keluarga miskin yang dibantai. Walaupun akhirnya berhasil bebas tetapi akibat disiksa selama 18 tahun Manette menjadi setengah gila, bahkan tidak bisa mengenali Lucie Manette, putri tunggalnya yang datang mencarinya dari London

Lucie Manette dan Jarvis seorang sahabat Manette kemudian membawanya ke London untuk pemulihan. Butuh lima tahun terapi. Sampai mereka bertemu Sydney Carton dan Charles Darnay. Carton seorang pengacara Inggris yang sinis. Sementara Darnay seorang pengacara romantis dari Prancis.
Carton dan Darnay inilah yang kemudian menjadi tokoh utama novel ini hingga akhir. .

Buku ini merupakan buku paling laris di dunia dengan penjualan mencapai 200 juta ekslempar. Buku karya Charles Dickens ini pertama diterbitkan tahun 1859.

2. Le Petit Prince (The Little Prince)
Buku ini menuliskan pesan-pesan tentang kehidupan untuk dipahami pembaca dewasa melalui mata anak-anak yang diwakilkan oleh pangeran kecil. Ditambah pendapat dari orang-orang yang dekat dengan pengarang, bahwa buku ini merupakan sepotong otobiografi yang ditulis oleh pengarangnya untuk mengikis rasa pedih akibat kegagalan rumah tangganya, juga sebagai salah satu cara untuk kembali mengenang masa kanak-kanaknya.

Buku  yang ditulis pada tahun 1943 ini sangat layak untuk dijadikan salah satu koleksi dalam perpustakaan pribadi anda. Sebab selain merupakan salah satu buku kanak-kanak prancis yang paling banyak diterjemahkan ke dalam berbagai baha


Ditulis oleh Antoine de Saint-Exupery, buku bergenre fantasi dengan bahasa Prancis ini penjualannya ada pada angka sekitar 200 juta eksemplar. Buku ini pertama dicetak pada 1943. 

3. The Lords of the Rings 
Jilid pertama diberi judul The Fellowship of the Ring, jilid kedua The Two Towers dan jilid ketiga The Return of the King. Kisah ini ditulis dari tahun 1937 sampai 1949 dan menjadi salah satu karya sastra abad ke-20 yang paling populer dan diterjemahkan ke dalam 38 bahasa.
Buku ini munkin tak perlu banyak saya ceritakan krn. Sdh di film kan. :)

Buku karya J.R.R. Tolkien ini pertama dicetak pada 1954, dengan angka penjualan menembus 150 juta eksemplar. 

4. Hong lou meng (Dream of the Red Chamber) 
Novel ini yang menceritakan cinta tiga segi yang berlatar belakang pada nasib keluarga yang merosot adalah luar biasa bukan sahaja dari segi bilangan watak yang amat besar — melebihi 400 watak pada keseluruhannya, kebanyakannya wanita — serta ruang lingkup psikologinya, tetapi juga karena pemerhatian yang tepat dan terperinci terhadap struktur-struktur hidup dan sosial di China abad ke-18.

Buku fenomenal ini merupakan satu-satunya wakil dari benua Asia di daftar ini. Ditulis oleh Hsueh Chin asal Tiongkok dan terbit pertama kali pada 1759, sold 100jt eksempl
tahun lalu

5. And Then There Were None
Berkisah tentang 10 orang dari berbagai sastra sosial yang diundang ke sebuah pulau oleh seseorang yang bernama U. N. Owen. Pulau itu disebut dengan Pulau Negro lantaran bentuknya menyerupai kepala anak negro.

Dua orang pelayan mengatakan pada 10 tamu itu bahwa tuan rumah sedang tidak ada di tempat. Kemudian terjadi serangkaian pembunuhan di pulau tersebut. Dan? Kesepuluh orang itu mati!

Pembunuhan terjadi berdasarkan isi pantun berjudul “Sepuluh Anak Negro” -Ten Little Niggers- yang digantung pada dinding penginapan di pulau itu. I like this story because I can’t guess the ending! Hanya ada 10 orang di satu pulau terpencil dan semuanya mati? Siapa pelakunya? (Silahkan anda baca sendiri :P.

Siapa yg tdk kenal, penulis novel misteri kenamaan, Agatha Christie, menciptakan masterpiece yang terbit pertama pada 1939 ini. Angka penjualannya mencapai 100 juta eksemplar

Itulah Buku-Buku Terlaris di Dunia sepanjang sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar